Rabu

Kenapa Harus Pakai Rangka Atap Baja Ringan?

rangka baja ringan
Rangka atap baja ringan saat ini banyak dilirik oleh konsumen sebagai pelengkap bangunan yang dimilikinya
Atap adalah salah satu bagian penting dari bangunan karena fungsinya untuk melindungi bangunan dari efek negatif lingkungan eksternal seperti cuaca dan panas. Pemilihan jenis bahan atap yang akan digunakan tentunya disesuaikan dengan desain dan bentuk atap yang diinginkan serta kehandalan dan stabilitasnya. Saat ini trend konstruksi cenderung berpihak ke atap baja ringan. Konsumen mulai banyak yang melirik atap baja ringan sebagai pelengkap bangunan yang dimilikinya. Apakah latar belakang dan juga kenapa harus pakai atap baja ringan?


Saat ini atap baja ringan semakin mendapat tempat di hati para calon konsumen yang hendak merenovasi rumahnya. Ada beberapa penyebab yang mendasari calon konsumen tersebut menjatuhkan pilihan ke atap baja ringan. Alasan menggunakan atap baja ringan, yaitu:


  1. Fluktuasi Harga Kayu
Harga kayu mengalami fluktuasi yang sangat tajam.  Hal ini membuat para calon konsumen juga mengalami kebingungan menentukan anggaran untuk atap rumahnya karena biaya kayu yang tdiak menentu.   Akhirnya calon konsumen menemukan alternatif terbaik pengganti bahan kayu untuk atap rumah mereka adalah atap baja ringan.

  1. Kayu Rentan Terkena Rayap
Memang terdapat banyak cara agar kayu untuk meminimalisasi serangan rayap, namun hal itu tidak menjamin secara total bahwa kayu akan terbebas dari serangan rayap.

  1. Kayu Rawan Mengalami Pembusukan
Tetesan air pada kayu membuat bahan ini rawan mengalami pembusukan. Jika dibiarkan berlarut-larut, maka kayu akan lapuk dan rusak.

  1. Pengaruh Kecepatan Angin
Kecepatan angin yang tinggi menjadi alasan pertimbangan orang saat akan menggunakan kayu sebagai rangka atap.

  1. Kayu bisa Menjadi Limbah Berbahaya
Kayu adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Namun di dunia konstruksi, biasanya kayu dilapisi dengan cairan tertentu untuk kesan estetika dan awetnya kayu. Tindakan itu sebenarnya malah membuat kayu menjadi limbah berbahaya.

  1. Ketersediaan Kayu yang menipis
Ketersediaan kayu di alam semakin menipis. Cadangan kayu yang tidak stabil dan risikonya terhadap kebakaran, kekeringan dan penyakit karena umumnya kayu dipanen pada usia muda sehingga batangnya masih belum kokoh dan stabil.

Sementara itu, bahan baku baja merupakan mineral yang paling banyak terdapat di muka bumi. Cadangan sumber daya alam ini cenderung stabil.  Bahan pembuat baja ringan yaitu galvalum tidak mudah terbakar, sangat berbeda dengan kayu yang semakin memperbesar api saat terjadi kebakaran.

  1. Rangka Baja Ringan Lebih Ringan
Rangka dari kayu mempunyai beban lebih berat daripada baja ringan. Hal ini memberikan keuntungan bagi pemilik rumah saat terjadinya gempa. Rangka baja yang lebih elastis tidak menyebabkan hancunya bangunan karena dapat menahan beban atap.

  1. Desain Lebih Praktis
Dibandingkan kayu, rangka atap baja ringan mempunyai kekuatan dan stabilitas yang lebih baik.  Segi desain pun lebih bagus, rancak, dan praktis, karena keseragaman bentuk dan ukurannya.  Struktur baja ringan juga lebih tipis. Perawatan rangka atap baja ringan lebih mudah dibandingkan kayu yang rentan oleh rayap dan pembusukan. Jika pemasangannya sesuai standar dan prosedur, maka daya tahan atap baja ringan bisa mencapai 15 tahun.

  1. Dampak Perubahan Cuaca
Perubahan cuaca yang ekstrem berdampak penyusutan pada rangka atap  dari kayu.  Hal ini tidak terjadi pada rangka baja ringanPerubahan cuaca tidak berdampak serius pada atap baja ringan.

  1. Kelestarian Lingkungan
Seperti kita ketahui, bahan dasar kayu adalah dari pohon di hutan. Penebangan kayu sebagai bahan atap secara besar-besaran menyebabkan penggundulan hutan dan  pembalakan liar. Hal ini berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem. Penggunaan atap baja ringan menjadi salah satu upaya pelestarian alam.

Beberapa alasan kenapa harus pakai atap baja ringan ini semoga menjadi wacana.

INFO LEBIH LANJUT
HUBUNGI SDR. YUWANA
TELP/SMS/WA 0852 1197 4828

Tidak ada komentar: