Selasa

Jenis Ukuran Rangka Atap Baja Ringan

Jenis ukuran rangka atap baja ringan
Salah satu jenis ukuran rangka atap baja ringan yang umumnya dipakai oleh
para pelanggan kami
Dunia properti semakin semarak dengan kehadiran rangka atap baja ringan. Terhitung sejak tahun 1995, rangka atap baja ringan mulai dikenal dan sering digunakan di era tahun 2000-an.  Sebelum memutuskan untuk menggunakan atap baja ringan, konsumen hendaknya mengenal material baja ringan seperti bentuk profil dan jenis ukuran atap baja ringan. Apa sajakah jenis ukuran atap baja ringan? Yuk, kita cari tahu!

Jenis ukuran rangka atap baja ringan yang beredar di Indonesia, yaitu:


·     Baja ringan profil C. Ketebalannya 0.75 mm – 1 mm, biasanya digunaan untuk kuda-kuda dan usuk (kaso).
·         Baja ringan profil A. Ketebalannya 0.4 mm – 0.7 mm, biasanya digunakan untuk reng.

Meski begitu, profil C atau Canal yang paling sering digunakan untuk konstruksi atap. Profil tertua ini dianggap sebagai profil baja ringan karena mempunyai kelebihan menjadi box atau kotak saat kedua profil C digabungkan dan saling berhadapan.

Profil C banyak digunakan sebagai rangka atap rumah atau gedung. Baja ringan murah berbentuk canal ini sangat mudah diperoleh karena banyak tersedia di beberapa toko dan jasa konstruksi atau yang menyediakan jasa pemasangan kanopi baja ringan.

Pemilihan rangka atap baja ringan selain mengacu pada profil, juga harus memperhatikan ukuran reng (roof batten) dank anal C (C Channel). Hal ini berkaitan dengan kekuatan rangka baja ringan untuk menanggung beban.

Pemilihan rangka atap baja ringan juga harus disesuaikan dengan penutup atapnya. Mengapa? Karena hal itu berkaitan dengan risiko yang bakal terjadi.  Apabila penutup atap nya cukup berat, sedangkan kanal C dan rengnya lebih tipis maka dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. 

Penutup atap yang biasanya digunakan, yaitu genteng metal, genteng beton dan genteng keramik. Bisa juga seng aluminium, onduline, fiberglass, dan asbes. 

Praktisi konstruksi selalu menekankan bahwa penggunaan baja ringan galvanis atau galvalum memiliki beberapa ukuran kanal C. Untuk memperkecil risiko kecelakaan, maka penutup atap yang akan dipakai harus ditentukan terlebih dahulu sebelum memilih baja ringan yang hendak digunakan sebagai rangka atap.

Berikut ini pedoman memilih rangka atap baja ringan berdasarkan jenis ukuran rangka atap baja ringan, meliputi:
·         Jenis C71.075
Penggunaan jenis baja ringan ini biasanya untuk rangka atap baja ringan yang hendak diberi penutup genteng metal, seng, asbes dan penutup atap lain yang ringan. Stabilitasnya cukup baik dan aman karena bentangan yang dibuat sebanding dengan kekuatan berbagai jenis penutup atap.
·         Jenis C75.080
Jenis ini lebih sesuai dengan genteng metal, genteng keramik dan genteng beton. Namun perlu diperhatikan juga bentangan rangka atapnya. Jika lebih dari 9 meter, jenis rangka ini agak berisiko.
·         Jenis C75.100
Jenis ini direkomendasikan untuk bentangan atap yang lebih dari 9 meter dan sesuai untuk genteng metal, genteng keramik dan genteng beton.
·         Jenis C81.075
Jenis ini sangat sesuai untuk genteng keramik. Bentangan atap yang direkomendasikan yaitu kurang dari 9 meter.
·         Jenis C81.095
Jenis ini direkomendasikan untuk bentangan atap lebih dari 9 meter dan sesuai untuk genteng keramik dan genteng beton.

Di pasaran banyak sekali promo tentang baja ringan.  Kompetisi yang semakin ketat, membuat banyak penjual yang mengiming-imingi dengan harga murah. Konsumen sebaiknya lebih mengutamakan kualitas berdasarkan rekomendasi dari ahlinya, agar jenis ukuran rangka atap baja ringan memadai dan sesuai dengan yang diinginkan.

INFO LEBIH LANJUT
HUBUNGI SDR. YUWANA
TELP/SMS/WA 0852 1197 4828

 Artikel Terkait :

Tidak ada komentar: